19 September 2019

Cara Mudah Membuat Privacy Policy Blog di Tahun 2019

source: comomag.com
Cara Membuat Privacy Policy di Blog - Kemarin saya menyibukkan diri untuk mengurus blog yang sudah lama terlantar ini, salah satunya dengan membenahi tampilannya agar lebih user-friendly. Informasi-informasi di beberapa postingan lama juga tidak lupa saya lengkapi dan update karena ternyata masih memakai embel-embel domain yang lama. 

Saat ingin membuat halaman privacy policy, saya sempat kebingungan karena tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Awalnya saya pikir harus membuat secara manual dengan cara menulis kebijakan-kebijakan privacy yang kita inginkan.

Setelah browsing sana sini, akhirnya saya dapat info kalau privacy policy ini juga bisa dibuat dengan cara instan dan mudah. Caranya dengan membuat langsung di situs penyedia pembuatan privacy policy online. Setelah googling, akhirnya saya menemukan website pembuat privacy policy yang cocok yaitu privacypolicyonline.com.

Bagi yang belum tahu apa itu privacy police, menurut wikipedia, privacy policy (atau dalam bahasa Indonesia "kebijakan privasi") adalah pernyataan yang mengungkapkan beberapa atau semua cara sebuah pihak dalam mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola data, baik untuk diri sendiri maupun untuk klien. Intinya kebijakan-kebijakan yang kita buat terkait properti kita gitu lah biar nggak bingung. hehe

Tidak dipungkiri saat ini halaman privacy policy memang sudah seperti informasi “wajib” bagi para blogger, khususnya yang menginginkan blog-nya lolos Google AdSense.

Apa itu Google AdSense? Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui Internet yang dibuat dan diselenggarakan oleh perusahaan Google. Bagaimana cara kerjanya? Nantinya emilik sebuah website atau blog yang sudah mendaftar dan disetujui keanggotaannya oleh Google, diperbolehkan untuk memasang unit iklan di website atau blognya. Bentuk dan materi iklannya pun sudah ditentukan oleh pihak Google, jadi kita bebas memilih mana yang sekiranya cocok dengan blog kita. Nantinya, pemilik website atau blog ini akan mendapatkan penghasilan dari Google berupa pembagian keuntungan iklan. 

Agar topiknya tidak terlalu jauh melenceng, mungkin nanti akan saya buatkan artikel khusus tentang apa itu Google AdSense ya.

Kembali ke topik utama. Sepertinya tidak ada salahnya jika saya turut berbagi tips cara membuat halaman privacy policy untuk blog. Saya yakin di antara teman-teman pembaca pasti ada yang sedang butuh informasi ini, khususnya blogger pemula. Disini saya akan menjelaskan cara membuat privacy policy secara instan di situs layanan pembuatan privacy policy secara online. Nama situsnya adalah www.privacypolicyonline.com

  • Buka halaman situs privacypolicyonline.com 
  • Setelah itu akan mendapati kolom seperti di bawah ini.



  • Isi informasi terkait blog teman-teman di kolom yang sudah disediakan.
-          Your site title: judul bog anda
-          Your site URL: alamat URL blog anda
-          Contact link: link halaman kontak di blog
-          E-mail address: alamat e-mail anda
-          E-mail encryption: pilih no encryption

Jika tujuan teman-teman membuat privacy policy ini agar blog dinyatakan layak untuk didaftarkan ke Google AdSense, maka pada kolom “advertisers on your site”, pilih Google Adsense.


  • Jika sudah, klik “generate policy”.
  • Copy kode HTML privacy policy untuk dipasang di halaman blog.
  • Jika sudah dicopy, masuk ke halaman dashboard blogger.
  • Pilih menu “Halaman” di sebelah kiri dashboard.
  • Pilih/klik “Halaman Baru” untuk membuat halaman.
  • Beri judul halaman dengan “Privacy Policy”, kemudian pilih mode HTML. 
  • Jika sudah, copy kode HTML privacy policy yang didapat dari situs
  • Klik publikasikan. Sekarang halaman privacy policy sudah selesai dibuat.
Itulah cara membuat halaman privacy policy instan dengan mudah menggunakan situs layanan pembuatan privacy policy online. Cukup simpel dan tidak memakan banyak waktu, kan? Semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua. 😊

0 komentar

Post a Comment