Asus TUF Gaming A15 FX506 Series: Tangguh, Kencang dan Terjangkau!


Sebagai laptop yang ditargetkan untuk pecinta game dan eSport, laptop gaming memang sudah terkenal dengan kualitas dan spesifikasinya yang tinggi. Nggak hanya itu saja, desainnya pun dirancang semaksimal mungkin demi menunjang kenyamanan pengguna agar betah dalam bermain game.

Sayangnnya, hingga saat ini masih banyak orang yang beranggapan laptop jenis ini hanya digunakan untuk bermain game saja. Padahal, anggapan tersebut sekarang sudah tidak relevan lagi. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, laptop gaming sudah semakin all rounder sehingga tidak hanya cocok untuk bermain game saja, tetapi dapat menunjang aktivitas profesional dan multimedia juga. Justru spesifikasinya yang lebih tinggi dari laptop biasa inilah yang membuat laptop gaming cocok dan mumpuni untuk kegiatan kerja, kuliah, membuat digital content, kebutuhan presentasi dan masih banyak lainnya.

Stereotype lain dari laptop gaming yang masih sering terdengar adalah harganya yang "kurang ramah di kantong". Banyak yang beranggapan kalau harga laptop jenis ini masih terlampau mahal, jauh dari harga laptop biasa yang semakin terjangkau. Saya pun tidak luput dari pemikiran seperti itu. Dulu saya berfikir jika ingin membeli laptop gaming dengan spesifikasi tinggi dan prosesor terbaru pasti harus merogoh kocek yang lebih dalam. Minimal budget-nya di atas 20 jutaan lah..

Guess what? Ternyata pendapat saya salah. Pendapat tersebut sudah tidak berlaku lagi setelah saya mengenal rangkaian laptop terbaru dari ASUS seri TUF Gaming. ASUS seakan-akan membuktikan langsung bahwa laptop gaming yang powerful, tangguh, kencang dan dibekali prosesor terbaru bisa didapatkan dengan harga terjangkau! Penasaran apa nama laptopnya? Yuk kenalan dengan ASUS TUF Gaming A15 FX506 Series!

ASUS TUF Gaming A15 FX506 Series

Salah satu model TUF Gaming A15 yang mengusung desain Fortress Grey (source: techrum.vn) 

ASUS TUF Gaming A15 FX506 Series ini adalah rangkaian produk terbaru dari seri TUF Gaming sekaligus penerus dari seri sebelumnya, yaitu FX505. Bagi kalian yang belum tahu, selain memiliki seri ROG, ASUS juga memiliki seri laptop gaming lainnya yang diberi nama TUF Gaming dengan harga yang lebih terjangkau. Eits, jangan salah, ya. Meskipun dikategorikan sebagai laptop gaming "kelas kedua" dibawah ROG, laptop seri ini tetap dibekali dengan "jeroan" yang tangguh, sehingga dari sisi performa nggak kalah hebat dan ngebut untuk diajak main game-game kekinian.

ASUS TUF Gaming A15 hadir dalam 5 model dengan spesifikasi-spesifikasi yang berbeda, di antaranya:

  • TUF Gaming A15 FX506II: AMD Ryzen 5 4600H (6C/12T, 11MB Cache, 4.0 GHz Max Boost) + NVIDIA GeForce GTX 1650Ti 4GB GDDR6 VRAM
  • TUF Gaming A15 FX506II: AMD Ryzen 7 4800H (8C/16T, 12MB Cache, 4.2 GHz Max Boost) + NVIDIA GeForce GTX 1650Ti 4GB GDDR6 VRAM
  • TUF Gaming A15 FX506IU: AMD Ryzen 7 4800H (8C/16T, 12MB Cache, 4.2 GHz Max Boost) + NVIDIA GeForce GTX 1660Ti 6GB GDDR6 VRAM
  • TUF Gaming A15 FX506IV: AMD Ryzen 7 4800H (8C/16T, 12MB Cache, 4.2 GHz Max Boost) + NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
  • TUF Gaming A15 FX506IV: AMD Ryzen 9 4800H (8C/16T, 12MB Cache, 4.2 GHz Max Boost) + NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM

Untuk versi A15 FX506IV yang menggunakan AMD Ryzen 9 4800H sepertinya belum tersedia secara resmi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan belum adanya informasi resmi terkait model ini baik di website resmi ASUS Indonesia maupun e-commerce yang bekerjasama dengan ASUS sendiri.
World’s FIRST Military Grade Laptop with 7nm AMD Ryzen Processors (source: Instagram ASUS Indonesia) 

Sebagai produk terbaru, TUF Gaming A15 tentunya sudah dibekali dengan prosesor terkini, yang pastinya jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung, ASUS sudah membekali laptop gaming ini dengan prosesor generasi terbaru dari AMD yaitu AMD Ryzen 4000 Series yang sudah terkenal dengan kecepatannya. Bahkan, TUF Gaming A15 ini diklaim ASUS sebagai laptop pertama di dunia yang memiliki ketahanan military-grade toughness dengan prosesor AMD Ryzen 7nm. Wow!

Sebelum bercerita lebih lanjut tentang spesifikasi laptop ini, kita bahas tentang apa itu AMD Ryzen 4000 Series dulu, yuk! 

AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors

Tampilan AMD Ryzen 4000 Series (source: AMD Indonesia) 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ASUS TUF Gaming 15 ini sudah dibekali dengan prosesor terbaru AMD Ryzen 4000 yang masuk dalam kategori H-Series, yaitu AMD Ryzen 5 4800H, Ryzen 7 4800H dan Ryzen 9 4800H. Prosesor H-series memang diciptakan khusus oleh AMD untuk mentenagai seri laptop gaming. Bahkan pihak AMD sendiri telah mengklaim performa prosesor ini meningkat 59% lebih tinggi dari generasi sebelumnya. 

Spesifikasi AMD Ryzen 4000 H-Series (source: AMD Indonesia) 

Prosesor AMD Ryzen 4000 H-Series menggunakan CPU Core Zen 2 dengan fabrikasi 7 nanometer yang bertenaga hingga 8 core 16 thread, dengan frekuensi clock maksimal hingga 4,2 GHz. Yup, kalian nggak salah baca. Ini adalah prosesor laptop pertama di dunia yang menggunakan arsitektur 7nm dengan tenaga 8 Core 16  thread. Salah satu nilai jual TUF Gaming A15 yang saya yakin semakin membuat gamer ngiler. 8 core 16 thread adalah jumlah yang banyak sekali untuk ukuran sebuah prosesor laptop. Main game berat apapun dijamin akan dilibas abiss dengan prosesor ini. Selain itu dengan dukungan core dan thread sebanyak ini kecepatan render laptopnya juga akan semakin wass wuss alias super kencang, jauh lebih kencang dari prosesor lain sekelasnya. Jadi TUF Gaming A15 ini juga cocok untuk kalian yang suka membuat konten digital dan membutuhkan laptop berperforma tinggi. 

Keunggulan yang ditawarkan AMD Ryzen 7 4800H (source: AMD Indonesia) 

Selain itu, salah satu keunggulan dari prosesor AMD Ryzen 4000 Series adalah performa yang dihasilkannya tetap tinggi tanpa harus mengorbankan kapasitas baterai karena konsumsi dayanya lebih rendah. Pihak AMD sendiri mengklaim prosesor ini mampu menghemat daya 20% lebih baik dengan performance per watt yang dihasilkan 2x lebih baik dari generasi pendahulunya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para gamer mengingat bermain game adalah aktivitas yang sering menghabiskan baterai. Selain itu dengan pembaruan ini tentunya membuat TUF Gaming A15 menjadi lihai dalam urusan multitasking. Informasi lebih lanjut terkait AMD Ryzen 4000 Series bisa kalian dapatkan melalui video dari channel resmi AMD di bawah ini.


Dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 4000 Series terbaru ini akan membuat pengguna TUF Gaming A15 semakin nyaman dalam bermain game, khususnya game-game kekinian yang membutuhkan prosesor tinggi. Menurut saya ini adalah terobosan yang luar biasa dari ASUS dan semakin membuktikan bahwa produsen asal Taiwan ini tidak pernah main-main dalam meluncurkan seri laptop gaming-nya. 

Spesifikasi ASUS TUF Gaming A15: RAM, Storage dan Graphic

TUF Gaming A15 dengan desain Bonfire Black (source: laptopspirit.fr) 

Selain dukungan AMD Ryzen 4000 H-Series, ASUS TUF Gaming A15 ini juga dibekali dengan RAM DDR4 8GB single channel dengan memory speed 3200 MHz. Tenang, masih ada sisa 1 slot sodim lagi jika RAM bawaan dirasa masih kurang besar dan bisa diupgrade sampai 32GB dual channel. Keleluasan dalam menambah kapasitas RAM menjadi dual channel ini pastinya akan menjadi nilai plus tersendiri bagi siapa saja yang berencana untuk membeli laptop gaming ini. Kalau saya pribadi sih RAM bawaan 8GB sudah sangat cukup karena tidak hobi install game terlalu banyak, hehe. 

Storage yang digunakan pun tidak main-main, lho. Asus TUF Gaming A15 menggunakan SSD berkapasitas 512 GB SSD NVME Pcie. Dengan SSD jenis ini tentunya game-game dan aplikasi berat dapat diload dengan super cepat. Tidak hanya itu saja, rendering file multimedia juga akan semakin cepat dan lancar berkat performa yang dimiliki oleh SSD ini.
Tampilan mesin TUF Gaming A15 dengan Storage dan RAM yang upgradable (source: ASUS Indonesia) 

Masih belum cukup? Jangan khawatir. Asus TUF Gaming A15 masih memiliki 1 slot storage lagi yang bisa kita isi dengan SSD SATA 2,5". Jadi, buat gamer yang hobi install game banyak sekaligus hobi bikin konten digital nggak perlu khawatir kehabisan memori lagi karena laptop gaming ini menawarkan memori penyimpanan yang sangat lega dan upgradable. Keren, kan? :)

Berbicara tentang grafis, ASUS TUF Gaming A15 sudah dibekali dengan GPU NVIDEA GeForce GTX 1650Ti dan menjadi laptop pertama di dunia yang menggunakan chip grafis ini. GTX 1650Ti ini dilengkapi dengan CUDA Core dan menggunakan arsitektur Turing  terbaru sehingga performanya sudah pasti lebih kencang dari generasi sebelumnya. Varian TUF Gaming A15 yang lebih tinggi juga disediakan oleh ASUS dengan dibekali GPU NVIDEA GeForce RTX 2060 dengan 6GB GDDR6 VRAM. Tidak perlu bingung mau memilih yang versi GTX 1650Ti atau RTX 2060, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan. Yang jelas keduanya sudah sama-sama sangat mumpuni, kok. Ditambah lagi laptop ini sudah menggunakan Windows 10 Home. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUS TUF Gaming A15 FX506 Series.


Desain ASUS TUF Gaming A15: Fortress Grey & Bonfire Black

Fortress Gray dan Bonfire Black (source: ASUS) 

Dua kata untuk desain TUF Gaming A15: Keren abisss! Meskipun laptop seri TUF Gaming dikategorikan sebagai "kelas dua" atau dibawahnya seri ROG tidak lantas membuat ASUS menyepelekan unsur estetika dari laptop ini. Mengusung tema "stealthy and striking", desain laptop ini terlihat ramping, kokoh, simple namun tetap gahar dan berkarakter.

Laptop ini memiliki dua desain chassis yang berbeda, yaitu Fortress Grey dan Bonfire Black. Fortress Grey yang terbuat dari bahan metal ditargetkan untuk para gamer atau user yang menginginkan laptop gaming dengan desain yang lebih "kalem", minimalis namun tetap premium. Tambahan 4 sekrup di masing-masing sisi memberi kesan laptop ini semakin "gagah". Sedangkan Bonfire Black yang terbuat dari bahan polycarbonat memiliki desain trapezoidal cut yaitu garis-garis tegas yang memberi efek "gahar", ditambah aksen garis merah tua yang memberi kesan edgy. Desain ini cocok sekali untuk kalian yang menginginkan laptop gaming dengan desain futuristik dan "gamer banget".
Kedua desain TUF Gaming A15 yang sangat menawan (source: ASUS) 
Kedua desain punggung layar laptop ini sama-sama memiliki logo TUF Gaming di bagian tengahnya. Sedangkan di bagian bawah laptopnya, kita akan menemukan lubang fentilasi udara yang didesain dengan pola hexagonal atau honeycomb. Pola ini selain menjadikan sirkulasi udara di sistem pendingin lebih lancar juga meningkatkan daya cengkeram laptop.

Source: Instagram ASUS Indonesia

Satu hal yang membuat saya kagum adalah TUF Gaming A15 sudah mendapatkan sertifikat MIL-STD-810H. Sertifikat tersebut sebagai bukti bahwa laptop ini sudah lolos uji military-grade toughness dimana pengujiannya mencakup uji jatuh, uji getaran serta uji ketahanan suhu dan kelembapan ekstrim. Atas dasar ini pula TUF Gaming A15 menjadi laptop gaming pertama di dunia yang sudah lolos uji military-grade toughness yang menggunakan prosesor Rayzen 7nm. Salut deh untuk ASUS!

Dimensi TUF Gaming A15 yang ramping dan kompak untuk sebuah laptop gaming (source: ASUS Indonesia) 

Dimensi laptop ini adalah 35,9 x 25,6 x 2,47 cm atau 7% lebih kecil dan compact dari seri pendahulunya. Bobotnya sendiri yaitu 2,05 kg untuk versi FX506II dan 2,12kg untuk FX506IV. Menurut saya ini masih terbilang ringan dan reasonable sekali mengingat masih banyak laptop-laptop gaming di luar sana yang jauh lebih berat dari laptop ini. Dengan bobot segini tentunya membuat TUF Gaming A15 masih sangat nyaman untuk dibawa bepergian kemana-mana.

Sticker bundle yang bisa dikustomisasi (source: asusdesign.com) 

Sebenarnya ini hanya detail kecil sih, tapi sebagai orang yang suka hal-hal artsy khususnya desain gambar yang unik, ini worth to mention banget, hehe. Untuk semakin memaksimalkan desain chasis yang sudah ada, setiap pembelian seri TUF Gaming A15 ASUS memberikan sticker bundling dengan desain-desain unik, yang bisa ditempelkan di punggung layar sesuai selera kita. Pokoknya keren dan anak muda banget, deh.

Full-size Design Keyboard untuk ASUS TUF Gaming A15

Penampakan full size keyboard pada TUF Gaming A15 (source: Laptop Mag) 

Tidak sedikit gamer yang masih menggunakan eksternal full size keyboard karena keyboard yang ada di laptop dirasa masih kurang nyaman untuk bermain game. Saya salah satu contohnya, hehe. ASUS sepertinya memahami betul akan hal ini. Desain keyboard laptop seri TUF Gaming-nya dibuat dengan mengadopsi desain full size desktop keyboard plus travel distance 1,8mm yang mana desain seperti ini sangat disukai oleh para gamer. Alhasil pengalaman menekan tombol-tombol saat bermain game lebih nyaman dan akurat karena jarak tiap tombolnya dibuat lebih lega.

Tombol A+S+D+W juga dibuat berwarna transparan agar memudahkan para gamer dalam menemukan tombol tersebut saat sedang bermain ataupun dalam keadaan gelap. Keyboard juga dilengkapi dengan backlit RGB yang warna dan efeknya bisa dikustomisasi sesuai keinginan dengan program Armoury Crate. Selain itu, dengan ROG overstroke technology membuat penekanan tombol di keyboard menjadi sangat responsif dan lebih cepat diregister. Satu lagi yang nggak boleh ketinggalan, ASUS mengklaim bahwa tombol pada keyboardnya tahan untuk penekanan hingga 20 juta kali tekan, membuat durability-nya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Konektor dan Konektivitas ASUS TUF Gaming A15

Penampakan port konektor TUF Gaming A15 yang sangat lengkap (source: ASUS Indonesia) 

Sekarang lanjut ke bagian konektor. TUF Gaming A15 menyediakan port yang sangat lengkap. Pada sisi kiri laptop terdapat 1 port DC IN, 1 port gigabit ethernet, 1 port HDMI 2.0b, 2 port USB 3.2 Type A, 1 port USB 3.2 gen 2 Type C (super kenceng!) dan 1 port 3,5mm combo audio jack. Sedangkan di sisi kanan laptop terdapat 1 port USB 2.0. Untuk konektivitasnya sendiri laptop ini sudah dibekali dengan bluetooth 5.0 dan Wifi 802.11ac. Dengan banyaknya port serta dukungan konektivitas yang lengkap, para gamer tentunya bisa leluasa menyambungkan perangkat dan aksesoris-aksesoris favoritnya saat bermain game.

Layar dan Audio ASUS TUF Gaming A15 

Layar IPS-level Full HD dengan NanoEdge yang menawan (source: digit.in) 

Setelah mengulas tuntas "jeroan" dari TUF Gaming A15, komponen lainnya yang tidak kalah menarik untuk dibahas adalah display dan audio-nya. Laptop gaming ini menggunakan layar berjenis IPS-level sebesar 15,6" Full HD (1920 x 1080px) dan sudah dilengkapi dengan anti glare. Selain itu dengan fitur NanoEdge membuat bezel layar laptop ini menjadi lebih tipis, ringkas dan tentunya tampak semakin lega.

Menariknya, layar TUF Gaming A15 sudah disupport dengan refresh rate 144Hrz dan dilengkapi dengan sistem Adaptive Sync. Dengan fitur ini pengguna bisa menikmati visual game dengan akurasi yang tepat, pergerakan gambar yang smooth dan cepat berkat refresh rate yang tinggi. Jadi dijamin bebas dari kendala seperti lag dan screen tearing saat bermain game. Selain itu untuk menambah kenyamanan saat bermain game, ASUS juga telah menambahkan fitur TUF GAMEVISUAL yang digunakan untuk mengatur color temperature dan color preset pada layar laptop.

DTS:X Ultra pada TUF Gaming A15 (source: ASUS) 

Laptop gaming rasanya masih kurang pas jika tidak didukung dengan kualitas audio yang mumpuni. Oleh karena itu, ASUS menanamkan dua buah speaker dengan empat cut-out pada TUF Gaming A15 yang berada di sisi samping depan laptop. Speaker ini jauh lebih baik dari generasi sebelumnya karena dapat menghasilkan suara 1.8x lebih keras dan bass 2.7x lebih dalam. Sebuah upgrade yang cukup signifikan.

Selain itu, demi menghasilkan kualitas suara yang maksimal telah disediakan juga software DTS:X Ultra dengan high-fidelity 7.1 channel virtual surround sound. Alhasil kualitas outpus suara yang dihasilkan akan sangat tinggi dan detail. Built in equalizer dan delapan buah preset audio (seperti musik, film dan genre-genre game) juga tersedia untuk mengustomisasi audio sesuai kebutuhan dan selera pengguna. Jadi, jika ingin mendapatkan kualitas audio yang maksimal, pastikan fitur DTS:X Ultra selalu aktif saat bermain game.

Baterai ASUS TUF Gaming A15

Hasil pengujian PCMark 10 Battery (source: ASUS Indonesia) 

TUF Gaming A15 dibekali dengan baterai berkapasitas 48Wh, yang mana kapasitasnya sudah mengalami peningkatan dari seri sebelumnya. Waktu charging yang dibutuhkan untuk sampai 100% pun terbilang lumayan cepat, yaitu membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga 2 jam 10 menit saja. Kapasitas baterai yang lebih besar ditambah dukungan prosesor AMD Ryzen 4000 Series yang hemat daya memberikan masa aktif baterai laptop ini lebih panjang. ASUS mengklaim untuk pemakaian berselancar di internet TUF Gaming A15 mampu bertahan hingga 8,7 jam. Sedangkan untuk memutar video playback dapat bertahan hingga 12,3 jam. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah laptop gaming. Gambar di atas adalah bukti ketika dilakukan pengujian PCMark 10 Battery untuk Modern Office baterai TUF Gaming A15, dimana laptop ini mampu bertahan hingga 5 jam lebih.

Untuk menjaga dan memonitor daya tahan baterai disediakan juga fitur Battery Health Charging yang ada di software MyAsus yang diklaim ASUS dapat memperpanjang umur baterai. Opsi yang disediakan ada mode kapasitas penuh, mode seimbang dan mode masa pakai maksimal.

Self Cleaning Cooling pada TUF Gaming A15

Self Cleaning Cooling dengan teknologi Antidust (source: ASUS) 

Sistem pendingin di TUF Gaming A15 ini disebut ASUS sebagai Self Cleaning Cooling yang dilengkapi dengan teknologi Antidust. Apa itu? Jadi teknologi ini memungkinkan debu yang masuk ke dalam laptop tidak menumpuk karena terdapat dua terowongan anti debu yang terletak di tepi kipas. Jadi debu yang masuk dapat dikeluarkan secara otomatis.

Hasil Benchmark ASUS TUF Gaming A15

Berikut adalah hasil benchmark yang dihasilkan oleh TUF Gaming A15 Series menggunakan software 3DMARK, PCMark 10, Geekbench, CINEBENCH dan CrystalDiskMark. Hasil ini tergolong tinggi untuk laptop gaming sekelasnya.







Berdasarkan info yang saya dapatkan dari video-video ulasan tentang TUF Gaming A15, laptop ini sudah sangat mumpuni untuk memainkan game berat dengan preset grafis high yang membutuhkan frame rate tinggi. Sebut saja game seperti Counter-Strike: Global Offensive, Dota 2, The Witcher, Borderlands 3, Assassin's Creed Odyssey, Battlefield V dan masih banyak lagi lainnya.

Harga dan Garansi ASUS TUF Gaming A15 

Inilah saat yang ditunggu-tunggu. Kira-kira, harga laptop yang digadang-gadang sebagai laptop gaming ASUS termurah dengan prosesor terbaru ini berapa, sih? Apakah laptop gaming yang powerful, tangguh dan kencang itu harus ditebus dengan harga di atas 20 juta?

Jawabannya: tentu tidak. ASUS TUF Gaming A15 ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 14.299.000 dan Rp. 15.799.000 untuk seri FX506II, Rp. 18.299.000 untuk seri FX506IU, dan Rp. 20.999.000 untuk seri FX506IV. Sedangkan harga versi yang menggunakan Ryzen 9 sendiri saat ini belum tersedia di website ASUS Indonesia. Gimana, ngiler nggak lihat harganya? πŸ˜‹Berikut keterangan harga beserta spesifikasi ASUS TUF Gaming A15 FX506 Series yang saya ambil dari situs  resmi ASUS Indonesia.


Menurut pendapat saya pribadi yang sudah familiar dengan harga laptop gaming, harga segini tentunya tergolong cukup murah dan sangat reasonable. Spesifikasi yang didapatkan juga tidak main-main, seperti dibekali SSD 512 GB dan disenjatai prosesor AMD Ryzen 4000 Series 8 core 16 thread yang didukung GPU RTX 2060 ataupun GTX 1650Ti. Sangat sangat worth the price!

Asus TUF Gaming a15 FX506 Series ini bergaransi 2 tahun dengan tambahan garansi ASUS Perfect Warranty. Apa itu? Mengutip dari website resmi ASUS, "ASUS Perfect Warranty adalah perlindungan tambahan untuk pengguna laptop ASUS jika terjadi kerusakan pada unit yang tidak ter-cover oleh garansi standar ASUS, termasuk kerusakan akibat kesalahan pengguna."

Tambahan Asus Perfect Warranty yang sangat menguntungkan pelanggan (source: ASUS Indonesia) 

ASUS Perfect Warranty ini hanya berlaku untuk pembelian laptop ASUS (tipe-tipe tertentu) per tanggal 1 Januari 2020 tanpa dikenai biaya tambahan. Kalau ASUS TUF Gaming A15 FX506 Series ini gimana? Tenang, laptop gaming ini masuk dalam kategori yang dapat tambahan garansi, kok. Jadi untuk kalian yang berencana akan membeli laptop ini nggak perlu khawatir. Keterangan lebih lanjut terkait syarat dan ketentuan ASUS Perfect Warranty dapat dibaca di di website resmi ASUS Indonesia, ya.

Saya rasa di Indonesia baru ASUS saja nih yang berani memberikan tambahan garansi laptop seperti ini. Bayangkan saja, laptop rusak karena kelalaian sendiri seperti kena air, jatuh tidak sengaja, layar pecah dan lain-lain, tapi ASUS masih mau menanggung biaya jasa perbaikan dan sparepart-nya sebesar 80%. Bagi saya ini sih menguntungkan customer banget. Pokoknya salut deh sama pelayanan after sales-nya ASUS.

***
Hadirnya ASUS TUF Gaming A15 FX506 series dengan harga yang terjangkau tentunya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi bagi kalian yang mencari laptop gaming dengan prosesor powerful, tangguh, super ngebut, spesifikasi yang tinggi tapi dibanderol dengan harga terjangkau. Selain itu, adanya sertifikat military-grade toughness serta garansi tambahan berupa ASUS Perfect Warranty membuktikan bahwa ASUS benar-benar totalitas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada customernya.

Dengan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan tersebut, saya rasa tidak berlebihan jika laptop ini dinobatkan sebagai laptop gaming terbaik di kelasnya sekaligus sebagai salah satu laptop gaming paling recommended di tahun 2020. 

4 komentar

  1. Saya ngiler mas baca spesifikasinya. Makin ngiler lagi liat harganya. Sayang budget belom cukup. Semoga akhir tahun bisa kesampaian beli ����������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo beli mas Kenzie. Kapan lagi dapet laptop 8 core 16 thread 15jutaan. SSD nya setengah Tera lhooo πŸ˜† Ayooo ndang tumbasss 😁 *kompor*

      Delete
  2. Kemaren nyoba yg FX505 punya temen masih kenceng banget, ini dah rilis model baru aja busett. yang versi ryzen 9 harganya berapaan ya di indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum pernah coba yg versi FX505. Masih worth it nggak untuk 2020 ini? Saya liat harganya udah lumayan murah. Tp ttp yg FX506 ini lebih menggiurkan sih πŸ˜†

      Di website resmi ASUS nggak ada keterangan yg versi ryzen 9, mas. Kalau liat di internet sih sekitar 22jutaan kayaknya.

      Delete