21 February 2019

Mematikan Auto-play Video di Instagram Biar Hemat Kuota? Gampang Banget!

source: idntimes.com
Cara Mudah Mematikan Auto Play Video Instagram Supaya Hemat Kuota - Saat ini beberapa aplikasi sosial media telah menerapkan fitur auto-play di aplikasinya. Sebut saja Facebook, Instagram, Tumblr dan Twitter. Dengan adanya fitur ini, video akan otomatis nge-play tanpa kita menekan/tap video tersebut. Memang sih, fitur ini terkesan praktis. Tapi tidak sedikit pengguna aplikasi khususnya Instagram yang mengeluhkan fitur auto-play ini karena dianggap sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman ketika scrolling postingan di feed. Selain itu tentunya kuota internet cepat terkuras dan file cache HP akan semakin besar.

Ada beberapa pengguna yang mengatakan bahwa fitur ini sangat menguntungkan orang yang membuat videonya. Kenapa? Karena dengan auto play maka otomatis jumlah penayangannya akan bertambah. Hmmm, masuk akal juga, sih.

Tapi, sekarang teman-teman nggak perlu sedih lagi karena Instagram sendiri telah menyediakan pengaturan tersendiri untuk mematikan fitur auto play video. Bagi kalian yang belum tahu dimana letak fitur ini, bisa mengikuti cara-cara di bawah.

Cara Mematikan Auto Play Video Instagram

1. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke aplikasi Instagram. Pada halaman awal silahkan klik icon profil pada bagian kanan bawah (icon paling ujung kanan sendiri).

2. Selanjutnya buka menu Settings/Pengaturan (untuk pengguna android bisa dengan tap icon tiga titik garis vertikal yang berada di pojok kanan halaman profile, sedangkan untuk pengguna iPhone dengan tap icon gear).



3. Dihalaman Settings/Pengaturan tersebut, silahkan scroll kebawah sampai menemukan pilihan "Account/Akun".



4. Pilih "Cellular Data Use/Penggunaan Data Seluler".



4. Langkah terakhir adalah dengan memilih atau geser toogle "Use Less Data/Penghemat Data" ke kanan sampai berubah warna dari abu-abu ke biru. Hal ini bertujuan untuk menghentikan fitur auto play video saat sedang terkoneksi jaringan internet. Tetapi, disaat kalian menggunakan WiFi maka video otomatis akan kembali diputar.

Dengan cara ini teman-teman tidak perlu takut lagi akan kehabisan kuota internet. Semoga tips ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba! :)

0 komentar

Post a Comment