14 December 2018

Tips Mencegah Agar Blog Terhindar Dari Serangan Bom Klik Iklan

source: randi.id

Mencegah Agar Blog Terhindar Dari "Bom Klik Iklan" - Teman-teman ada yang pernah mengalami jumlah klik iklan adsense tiba-tiba melonjak tinggi dalam kurun waktu satu hari? Kalau iya maka harus berhati-hati karena mungkin ada orang tak bertanggung jawab yang sedang melakukan serangan "bom klik iklan" di blog kalian. Apa sih akibatnya jika iklan Google Adsense di bom klik oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Tentunya akan berakibat yang sangat fatal pada akun google adsense teman-teman, baik itu di suspend maupun di banned secara permanen oleh Google. Jika dibanned secara permanen maka konsekuensinya akun tersebut tidak akan bisa digunakan kembali.

Penyebab Akun Google Adsense di Bom Klik


1. Tidak Suka dengan Blognya
Tidak dipungkiri dalam dunia blogger pasti ada orang-orang usil yang ingin menjatuhkan blog orang lain, salah satunya dengan mengklik iklan dalam jumlah yang banyak dengan tujuan agar akun adsense nya dibanned oleh pihak Google. Alasannya pun bermacam-macam, ada yang merasa iri blog-nya tidak sebagus orang lain, ada juga yang kesal karena blog mereka tidak pernah diterima sebagai Publisher Google Adsense.

2. Terganggu dengan Munculnya Iklan
Maksud pada poin ke dua ini adalah iklan yang terpasang di blog tidak sesuai dengan kebijakan Google Adsense, seperti unit iklan yang melayang di tengah artikel, ataupun iklan yang tidak mau hilang dari layar yang mana hal ini membuat pembaca akan kesulitan dalam membaca artikel.

Ukuran iklan yang terbilang besar juga cukup mengganggu dan ada baiknya kita memasang unit iklan responsive pada blog, sehingga apabila di buka di smartphone maupun komputer ukuran iklan tersebut akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi bom klik google adsense ini yang bisa teman-teman aplikasikan sebelum berakibat fatal pada akun adsense kalian.

Cara Mencegah Bom Klik Iklan


1. Hati-hati dalam Menyebar Link Blog
Hati-hati dalam menyebar link blog. Sharing link blog ke sebuah grup atau ke orang yang tidak sesuai dengan ketentuan grup sangat berakibat fatal pada blog nantinya. Bisa jadi salah satu anggota di dalam grup tersebut ada yang punya kebiasaan jahil yaitu "ngebom klik iklan" di blog orang-orang. Maka dari itu kita harus cermat dalam memilih group (seperti group FB atau WA). Ada baiknya ketika teman-teman membagikan link blog pastikan artikel tersebut harus sesuai dengan pembahasan yang ada pada grup tersebut. Misal, jika teman-teman tergabung dalam grup travel/wisata, maka share lah artikel yang sesuai.

2. Copot Unit Iklan
Copot unik iklan Google Adsense jika terjadi aktifitas klik yang tidak valid, misalnya jika dalam sehari tiba-tiba mendapatkan 30 klik iklan, padahal biasanya rata-rata hanya 5-10 saja, bisa dipastikan ada orang tak bertanggung jawab yang ingin menjatuhkan blog kita. Teman-teman juga dapat mengeceknya melalu dashboard adsense untuk melihat jumlah klik iklan yang tidak valid. Biasanya blog-blog yang memiliki pengunjung tinggi, team google adsense akan memantau blog apabila ada aktifitas yang mencurigakan dan memberitahukan via e-mail/notifikasi di google adsense dashboard.

3. Pasang Script Anti Bom Klik Iklan
  • Login ke Dashboard blogger
  • Pada menu yang ada disamping kiri pilih lah Theme dan Edit HTML.
  • Kemudian cari kode </head>. atau &lt;/head&gt;&lt; tergantung dari templatenya, untuk memudahkan anda dapat mencari nya dengan menekan CTRL + F. 
  • Kemudian silahkan teman-teman copy code yang ada di bawah ini dan paste di atas kode </head> tadi.
<script src='//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1/jquery.min.js'/> <script src='http://yourjavascript.com/4682124575/antibomklik.js”/'/> <script src=”http://yourjavascript.com/4682124575/antibomklik.js”/></script>
  • Kemudian pilih Simpan.

Kegunaan dari script ini adalah jika ada orang yang mengunjungi blog kemudian ia mengklik iklan Google adsense lebih dari 3x, maka secara otomatis script anti bom klik ini akan berkerja dan tidak akan menampilkan iklan lagi (berlaku bagi visitor yang masuk menggunakan IP yang sama).

Itulah sedikit tips dari saya tentang cara mencegah blog agar terhindar dari serangan bom klik iklan. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi teman-teman. Sampai jumpa di postingan selanjutnya :)

0 komentar

Post a Comment