AzHtSQZp1iZslulol6LhbSRfPW3X0CLkhgLjs78N
Bookmark

Lakukan Hal Ini Sebelum Berkunjung Ke Coworking Space

source: hon.com
Membahas tentang coworking space memang tidak ada habisnya. Tempat yang sedang hits di kalangan para freelancer dan startup ini memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat bekerja alternatif, apalagi bagi mereka yang membutuhkan suasana baru dan lain daripada yang lain.

Coworking space dikatakan lain daripada yang lain karena di tempat inilah kita dapat berinteraksi, bertukar pikiran, bahkan berkolaborasi dengan para profesional di satu tempat yang sama. Selain itu, dengan anggota-anggotanya yang memiliki latar belakang pekerjaan beraneka ragam menjadikan coworking space tempat yang tepat untuk memperluas networking.

Setelah sebelumnya sudah mengulas tentang alasan mengapa coworking space sangat cocok bagi yang berprofesi sebagai freelancer atau pegiat startup, kali ini saya akan mengulas tips mengunjungi coworking space itu sendiri.

1. Tentukan Tujuan

Ini adalah hal yang paling mendasar ketika akan berkunjung ke coworking space. Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat tersebut, sebaiknya pikirkan dulu apa tujuan kita datang ke coworking space. Untuk tempat bekerja sehari-hari kah, untuk mengadakan meeting sesama rekan kerja kah, untuk keperluan bertemu client, atau hanya sekedar mencari alternatif tempat jika sewaktu-waktu bosan dengan lokasi kerja sebelumnya. Dengan menentukan tujuan terlebih dahulu akan memudahkan kita dalam mencari lokasi coworking space yang tepat.

2. Pilih Sesuai Karakter Kerja

Pada umumnya coworking space memiliki konsep yang berbeda-beda. Ada yang memiliki konsep terbuka dengan tujuan agar setiap anggotanya dapat saling berinteraksi, berkomunikasi dan bertukar wawasan, sehingga membuka peluang terjalin kolaborasi dan kerjasama di antaranya. Ada juga yang memiliki konsep private, di mana di dalam coworking space terdapat ruang-ruang kecil atau private space sehingga dapat digunakan sebagai private office. 

Masing-masing orang memiliki karakter bekerja yang berbeda. Ada sebagian orang yang merasa nyaman dengan private space karena selain privacy lebih terjamin, juga dapat berkonsentrasi dengan baik karena minim gangguan dari pihak luar. Ada yang merasa private space terasa sesak dan kurang efektif untuk bekerja. Ada yang sekedar ingin memperluas networking. Ada pula yang tujuannya ingin pekerjaan cepat selesai tanpa mementingkan interaksi antar sesama anggota. Sangat bermacam-macam.

Jadi semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter pribadi. Jika teman-teman suka bekerja dengan lingkungan yang lebih tenang, sebaiknya pilihlah coworking space yang menyediakan private space untuk anggotanya. Tetapi jika merasa interaksi dengan anggota lain adalah hal yang penting karena selain menjadikan kita lebih sociable juga memperluas networking, maka tidak ada salahnya untuk memilih coworking space dengan konsep terbuka.

3. Pertimbangkan Budget, Fasilitas dan Lokasi

Budget, fasilitas yang ada, serta lokasi juga perlu dipertimbangkan dalam memilih coworking space. Menurut pengalaman pribadi, hampir semua coworking space - dari yang biaya keanggotaannya gratis hingga sedikit merogoh kocek lebih dalam - sudah menyediakan fasilitas-fasilitas dasar seperti koneksi WiF, meja kerja, air mineral gratis, alat perkantoran seperti scanner, projector, mesin fotocopy (dengan biaya tambahan), conference & meeting room, PC yang bisa diakses oleh anggotanya dan lain-lain. Semakin tinggi harga keanggotaanya tentu diikuti dengan fasilitas yang semakin bagus juga. Sesuaikanlah dengan kemampuan dan budget kita.

Jika teman-teman merasa bahwa budget bukanlah sebuah kendala dan lebih mementingkan fasilitas, banyak sekali coworking space yang bisa dijadikan pilihan dengan fasilitas-fasilitas tambahan. Misalnya, free beverages (seperti kopi, teh, air mineral), sofa dan interior bergaya cafe, alat tulis gratis, kantin yang menyediakan berbagai macam makanan, dan lain sebagainya. Lokasi yang strategis dan mudah diakses pun wajib dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih.

4. Go Prepared

Setelah semua poin-poin di atas dilaksanakan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan "amunisi" apa saja yang akan dibawa. Pastikan barang-barang yang diperlukan untuk menunjang aktivitas kerja telah teman-teman siapkan dan tidak ada yang ketinggalan, seperti charger laptop, charger smartphone, headphone apabila diperlukan, dan lain-lain. Pastikan juga apakah membawa makanan dan minuman sendiri ke dalam coworking space diperbolehkan. Kenapa? Karena beberapa coworking space ada yang melarang anggotanya untuk membawa makanan dari luar. Jika diizinkan, jangan lupa membawanya apabila dirasa perlu. Mempersiapkan segala hal yang diperlukan sebelumnya akan meminimalisir disruption ketika bekerja dan pastinya pekerjaan akan cepat selesai.

Bekerja di lingkungan coworking space bisa menjadi sebuah "angin segar" bagi kita dan merupakan cara yang bagus untuk bekerja secara mandiri di lingkungan yang lebih profesional. Jadi, tidak ada salahnya untuk berkunjung seminggu sekali, sebulan sekali, atau bahkan setiap hari, tergantung kebutuhan teman-teman. Siapa tau bisa menginspirasi kita menemukan cara kerja baru yang lebih efektif, iya kan?

Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat, ya. Semangat pagi dan semangat bekerja! :) 
Post a Comment

Post a Comment