13 August 2019

13 Alasan Mengapa Coworking Space Cocok Dijadikan Sebagai Tempat Kerja

source: coworkingmag.com
Sudah lama juga saya tidak ngeblog. Mungkin ibarat rumah blog ini sudah penuh sarang laba-laba kali ya hehe. Kali ini saya akan membahas tentang coworking space lagi. Jika sebelumnya sudah pernah mengulas salah satu coworking space ramah difabel di Jogja, kali ini khusus membahas kelebihan coworking space itu sendiri.

Bagi pelaku startup maupun freelancer, memiliki tempat kerja yang nyaman dengan suasana bak “rumah sendiri” pasti sebuah cita-cita yang diidam-idamkan (well, nggak cuma mereka sih, semua orang juga pasti ingin punya tempat kerja yang nyaman). Akan tetapi, sekarang ini biaya sewa kantor bisa dibilang sudah tidak semurah dulu lagi, apalagi bagi mereka yang baru memulai bisnis. Berpindah-pindah tempat kerja dari satu lokasi ke lokasi lainpun bisa tidak mengenakan. Selain melelahkan juga dapat mempengaruhi kualitas kerja kita.

Untuk mengatasi hal itu, coworking space dapat menjadi alternatif yang tepat karena selain murah juga menawarkan fasilitas yang tidak kalah dengan kantor konvensional. Belum tahu apa itu coworking space? Teman-teman bisa baca ulasan saya sebelumnya di sini. Berikut adalah 13 alasan mengapa coworking space cocok dijadikan sebagai alternatif tempat kerja baik oleh freelancer maupun pegiat startup.

1. Ruang Kerja yang Nyaman dan Fleksibel

source: timeout.com
Siapa yang tidak tertarik memiliki kantor “pribadi” dengan fasilitas lengkap, punya ruangan dan meja khusus untuk berbagai keperluan, hingga interior yang bergaya kafe dan membuat kita pewe untuk bekerja? Nah, coworking space ini bisa menjawab keinginan-keinginan yang teman-teman butuhkan. Dengan konsep ruang kerja yang cozy tentunya membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Tidak sedikit juga yang menawarkan ruang kerja yang fleksibel dan terbuka, seperti area yang tenang, phone booths, meja komunitas, dan lain-lain.

2. Virtual Mail dan On-site Mailbox

source: smoke.io
Ketika tiba saatnya usaha teman-teman beralih dari sebuah projek berasaskan “hobi” menjadi kantor yang lebih formal, coworking space dapat menyediakan physical address dan on-site mailbox. Beberapa di antaranya juga sudah menawarkan layanan seperti virtual mail. Sangat memudahkan, bukan?

3. Fasilitas Perkantoran yang Lengkap

source: trabajoypersonal.com
Bagaimana jika sewaktu-waktu kita butuh peralatan kantor untuk menunjang kegiatan pekerjaan, sedangkan budget kita cuma pas-pasan? Tenang! Di coworking space, fasilitas bisnis dan perkantoran seperti printer berkualitas tinggi, mesin fotokopi, scanner, shredding services bahkan alat tulis juga disediakan dengan lengkap. Ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Nggak perlu lagi tuh ribet-ribet membeli di luar atau memboyong “peralatan tempur” dari rumah, hehe.

4. Meeting Room dan Conference Room

source: sneed.in
Saat bisnis kalian mulai tumbuh, kemungkinan besar akan membutuhkan ruang khusus untuk bertemu client, mitra kerja, donatur dan lain-lain. Coworking space menawarkan meeting room dan conference room sehingga teman-teman tidak perlu lagi meeting dengan rekan kerja atau client di luar. Prakis, tidak perlu mengeluarkan uang akomodasi lagi.

5. Nyaman dan Ramah

source: 99.co
Coworking space dirancang dengan suasana yang cozy dan friendly agar orang-orang dapat bekerja, bersosial dan berkolaborasi dengan suasana yang nyaman. Buatlah tim dan mitra kerja teman-teman merasa nyaman dengan membawa mereka ke coworking space yang ramah dan bersahabat.

6. Lokasi Mudah dijangkau

source: smeaker.com
Saat ini coworking space dapat ditemukan di mana-mana, dari pusat kota maupun di pinggiran kota. Di mana pun teman-teman berada, kemungkinan besar akan dapat menemukan akses coworking space terdekat.

7. Ruang dengan Niche yang Sama

source: concernhealth.com
Ada banyak sekali coworking space yang dipenuhi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan profesi. Misal, ada yang isinya startup-startup di bidang creative digital, organisasi non-profit, marketing, bahkan ada juga yang isinya freelancer-freelancer yang berkecimpung di dunia seni. Kita dapat memilih mana yang sesuai dengan passion kita. Dengan banyaknya orang-orang yang memiliki profesi sama, hal ini diharapkan agar mereka dapat saling bertukar pikiran, berkolaborasi, sehingga bisa menambah wawasan dan menghasilkan projek-projek baru ke depannya.

8. Jaringan Profesional Lengkap dalam Satu Tempat

source: myofficein.ph
Mungkin aspek yang paling kuat dari coworking space adalah teman-teman memiliki akses ke jaringan profesional secara mudah dan efisien. Di dalam coworking space terdapat orang-orang dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda, seperti mereka yang bekerja di dunia kreatif, professional hukum, marketing, programmer dan masih banyak lagi. Ketika membutuhkan informasi maupun seseorang yang ahli di bidang lain untuk kepentingan pekerjaan, kalian mungkin dapat menemukannya di dalam coworking space atau dapat rujukan berkualitas dari salah satu anggotanya. Sebaliknya, saat orang lain membutuhkan orang yang berkecimpung di bidang yang teman-teman tekuni, kalian bisa mengajukan diri dan saling bernegosiasi. Win-win solution, kan?

9. Banyak Event Bermanfaat

source: sharedesk.net
Beberapa coworking space sering mengadakan acara dengan topik yang menguntungkan para anggotanya. Topik-topik tersebut antara lain: branding, media sosial, pemasaran konten, keamanan Internet, pengembangan dan pemeliharaan situs web, pembukuan, produktivitas dan lain sebagainya. Tentunya hal ini sangat bermanfaat dan dapat menambah ilmu kita.

10. Biaya Sewa yang Terjangkau

source: yt.ax
Lupakan tentang menandatangani sewa tempat untuk kantor selama satu tahun atau lebih. Di coworking space biaya yang dibutuhkan jauh lebih terjangkau. Tempat ini umumnya menawarkan sewa tempat per bulan, per minggu, bahkan ada yang perhari. Sehingga teman-teman dapat memiliki kantor pribadi tanpa mengambil risiko besar dengan mengeluarkan harga sewa kantor yang tinggi.

11. Mengurangi Biaya Operasional

source: ottawalife.com
Coworking space mengurus semua keperluan usaha yang teman-teman perlukan, termasuk wifi, minuman, toiletries, stationery dan lain-lain. Saat bergabung dengan coworking space, kalian tidak perlu lagi pusing memikirkan hal ini dan tinggal fokus pada pekerjaan saja.

12. Komunitas yang Mendukung

source: experd.com
Coworking space penuh dengan orang-orang yang cerdas dan suka bersosial yang umumnya senang membantu — seperti membantu melakukan brainstorming proyek baru, menawarkan saran tentang materi pemasaran, atau hanya sekedar duduk-duduk santai sambil ngopi, sembari ngobrol tentang projek masing-masing dan membantu meluruskan jalan proyek kita. Dukungan timbal balik ini merupakan “jantung” dari coworking space itu sendiri.

13. Meningkatkan Kebahagiaan dan Produktivitas Anda

source: yourstory.com
Studi telah menemukan bahwa orang yang bekerja di coworking space akan lebih bahagia, lebih sociable, dan lebih produktif. Nggak percaya? Baca di sini dan di sini. Jika teman-teman memerlukan suasana kerja yang baru dan ingin memperluas lingkaran teman dan partner kerja, tidak ada salahnya untuk mencoba datang ke coworking space.

Bisa jadi coworking space adalah apa yang teman-teman butuhkan saat ini. Bagaimana, tertarik untuk bekerja di sana? Kalian bisa memulainya dengan mencari coworking space terdekat. Selamat bekerja dan memperluas networking, ya! :)

0 komentar

Post a Comment