31 August 2018

Spesifikasi Xiaomi Pocophone F1: Harga Mid Range, Spesifikasi Flagship?

source: smeaker.com
Smartphone yang sedang mencuri perhatian para pecinta gadget dunia ini akhirnya resmi dijual di Indonesia mulai hari Kamis kemarin, tanggal 30 Agustus 2018. Seperti yang teman-teman tahu, Xiaomi telah mengeluarkan sub-brand nya yang bernama Poco, yang dikelola oleh anak perusahaannya, Poco Global. Nggak tanggung-tanggung, brand baru yang memiliki arti “kecil” dalam bahasa Spanyol ini mengeluarkan smartphone pertama mereka yang menjadi perbincangan di dunia "per-gadget-an" akhir-akhir ini, yaitu Pocophone F1.


Kenapa bisa mencuri perhatian? Karena smartphone dengan spesifikasi premium ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau! Bukan Xiaomi namanya kalua tidak membuat gebrakan baru dalam dunia smartphone, khususnya soal harga, yang membuat para pesaingnya geleng-geleng kepala, hehe.

source: gsmarena.com
Sebelum resmi dirilis di Indonesia Kamis kemarin, Pocophone F1 sudah lebih dulu dirilis di India beberapa waktu lalu. Bagaimana dengan harganya? Di India, smartphone ini dijual dengan harga yang bervariasi. Untuk versi “standar” dengan RAM 6GB dan internal memory 64GB (6GB/64GB), Pocophone F1 dibanderol dengan harga 20.999 Rupee atau kalau dirupiahkan sekitar Rp. 4,3 juta. Lalu, untuk versi 6GB/128GB nya dibanderol dengan harga 23.999 Rupee atau sekitar Rp. 5jutaan. Sedangkan versi di atas standar, dengan RAM 8GB internal memory 128GB, Pocophone F1 dibanderol dengan harga 23.999 Rupee atau sekitar Rp. 6jutaan. Dengan harga segitu, pasti beberapa teman ada yang penasaran, 4 sampai 6 jutaan kok dibilang terjangkau??

Eits, tunggu dulu. Spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone ini tidak kalah dengan spesifikasi smartphone flagship dari vendor-vendor lain. Smartphone dengan spesifikasi yang sama yang ada di pasaran saat ini rata-rata dibanderol dengan harga sekitar 9jutaan bahkan sampai menyentuh angka belasan juta. Jika dibandingkan dengan smartphone lain pada kelas yang sama, sudah pasti secara harga Pocophone F1 ini menang telak dan jauh lebih terjangkau harganya.

source: pricebook.co.id
Selain memiliki RAM dan internal memory yang lega, smartphone ini juga dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, yaitu 4000mAh yang sudah mendukung Quick charge 3.0. Jadi sudah tidak ada lagi yang namanya ngecas smartphone lama. Mengikuti trend layar smartphone saat ini, layar Pocophone F1 juga sudah memiliki rasio 18:9 dengan ukuran layar sebesar 6.18inch beresolusi 1.080 x 2.246 pixel. Ukuran yang sangat lega tentunya, apalagi jika digunakan untuk menonton video. Selain itu tidak ketinggalan notch di atas layar yang dibekali dengan sensor IR Face Unlock. Penambahan notch di atas layar memang sedang banyak digandrungi oleh perusahaan smartphone saat ini.


source: tabloidpulsa.co.id
Bagaimana dengan kameranya? Pocophone F1 memiliki kamera ganda yang masing-masing berukuran 12 megapixel (Sony IMX363) dan 5MP (sensor Samsung). Kamera selfie-nya juga nggak tanggung-tanggung, berukuran 20 megapixel.


Berbicara mengenai prosesor, mungkin ini adalah salah satu keunggulan terbesar yang dimiliki Pocophone F1 dibanding smartphone lain. Smartphone yang terdiri dari varian warna graphite black dan steel blue ini sudah dibekali dengan prosesor Snapdragon 845, dimana prosesor tersebut saat ini hanya dimiliki oleh smartphone-smartphone flagship saja, yang tentunya dibanderol dengan harga fantastis!

source: selular.id
Melihat spesifikasi yang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, tidak heran jika smartphone ini menjadi buah bibir” di kalangan pecinta gadget khususnya smartphone akhir-akhir ini. Poco adalah perusahaan pertama yang berani menawarkan spesifikasi sekelas hp flagship yang dibalut dengan harga kelas mid-range. Sungguh terobosan yang sangat bagus, dan patut untuk diikuti oleh perusahaan-perusahaan smartphone lainnya.

Spesifikasi lebih lengkapnya akan saya tuliskan secara detail di bawah. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya. 😊

11 comments

  1. nice post, and already have adsense. good job

    visit my sites to

    zaskiyaandroid.blogspot.com

    emuena.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak, gan (y)
      untung-untungan itu gan dapet asennya. hehe
      okee siaap sudah meluncur ke TKP

      Delete
  2. Nice gan.speks yang lengkap
    Saya juga lagi nyari2 xiomi yang seperti ini...setelah membaca speknya jadi oengen buru buru punya xiomi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sama gan saya jg aslinya pengen beli ini. tapi nunggu harganya turun dikit dulu hehehe :D makasih udah mampir gan!

      Delete
  3. mantap gan mampir ke blog ane gan https://ibankproduction.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Wah, di timeline saya lagi pada heboh banget ini Pocophone, sayang saya baru punya hape baru. Speknya sih oke banget, harganya juga lmyn murah ini dibanding merk lain yg rada2 mirip speknya. Mantap mang ni Xiaomi, nggak hape nggak smart TV, semua bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya juga ngiler. Pengen ganti tp blm saatnya. Hp yg skrg msh baik2 aja soalnya. Semoga ada lomba blog yg hadiahnya pocophone f1 hahahaha aamiin :)

      Delete


EmoticonEmoticon