26 August 2018

Review VIVAN Q5 Wired Ear Hanging Headset: Nggak Kaya Headset 50ribuan!



Kali ini saya mau mereview lagi salah satu headset low-end dari merk Vivan. Ini kedua kalinya saya mereview headset dari merk tersebut.

Sebelumnya mau cerita sedikit, nih. Sampai saat ini, review saya tentang VIVAN BT520 wireless headset sudah dibaca lebih dari 15.000 kali. Wow... Benar-benar nggak nyangka. Masih nggak percaya kalau tulisan abal-abal saya bakal dibaca sebanyak itu. Padahal awalnya cuma iseng aja lho. Ya sekedar berbagi pengalaman, nggak taunya respon dari pembaca sebanyak ini. Terima kasih kepada teman-teman pembaca blog yang sudah mau menyempatkan waktunya untuk mampir di blog sederhana saya ini. Semoga nggak kapok dan mau mampir lagi, ya :).

Seperti biasa,saya mau mengingatkan bahwa saya bukan gadget reviewer profesional. Saya cuma mahasiswa biasa yang suka ngepoin perkembangan teknologi (khususnya gadget). Jadi, kalau ada kesalahan dalam penulisan informasi, atau reveiw nya kurang nampol seperti reviewer-reviewer profesional, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Apa yang saya tulis disini murni dari hasil pengalaman selama menggunakan perangkat ini, nggak ada yang ditambah-tambahin dan dikurang-kurangin..

Maaf ya jadi banyak ngelanturnya.. Oke deh langsung masuk aja ke review-nya. Seperti yang sudah disebut tadi, headset yang akan saya review kali ini adalah VIVAN Q5 Wired Ear Hanging Headset. Spesifikasinya ada di bawah ini, saya ambil dari keterangan yang ada di belakang dusbox-nya.

Spesifikasi:

• Brand : VIVAN
• Model : Q5
• Driver Unit : 9.2mm
• Frequency Response : 20Hz – 20KHz
• Speaker Rensitivity : 97dB
• Speaker Impedance : 16ohms
• Panjang Kabel : 1.2m
• Plug : 3.5mm
• Microphone Size: 6mm
• Microphone Rensitivity: -42dB
• Microphone Impendance : 2.2Kohm
• Garansi : 1 tahun





Pertama yang akan saya ulas adalah dari segi kelengkapan dan desain dulu. Paket penjualan VIVAN Q5 ini terdiri dari dusbox, kartu garansi, buku manual, earbuds cadangan (2 pasang) dan headset. Varian warna yang ada hanya hitam saja. Sedikit disayangkan sih karena  melihat desainnya yang simple, pasti akan lebih bagus kalau ada varian warna putihnya juga. Kepala headset-nya terbuat dari bahan plastik seperti headset-headset low-end yang ada di pasaran, warnanya hitam dengan aksen glossy. Cukup ringan dan nyaman di telinga. Ketika dipakai olahraga juga enak, pas lah dengan namanya, “sport headset”.

Bagi saya pribadi yang hobi lari, headset ini pas banget karena pelindung kabel sekaligus bagian untuk “nyantolin” kabel secara melingkar di telinga ini terbuat dari bahan jelly yang tipis, elastis, halus, sehingga nyaman dan nggak bikin “risih” di telinga. Bagian yang melingkar ini didesain khusus agar earbuds-nya nggak mudah copot ketika dipake olahraga. VIVAN Q5 belum menggunakan kabel pipih, masih pakai kabel bulat biasa. Nggak bisa ngeluh sih. Namanya juga headset low-end, jadi nggak bisa berharap banyak.





Sekarang masuk ke bagian performa. Untuk headset dengan harga kurang dari 60ribu, saya benar-benar acungkan EMPAT JEMPOL! VIVAN really did a good job! Jujur aja ya, awal tahu headset ini saya benar-benar nggak ngira kalau harganya nggak sampai 60ribu (saya beli dengan harga 58ribu dua bulan yang lalu). Waktu pertama kali coba, suara yang dihasilkan benar-benar jauh dari kesan headset murahan. Nggak kalah lah sama headset yang harganya 100 ribuan, bahkan 200 ribuan. Bass-nya mantep, boomy dan cukup menggelegar (kalau pasang earbuds-nya pas). Trebble-nya juga cukup. Mungkin sedikit kelemahannya ada di vocalnya yang kurang tersaji dengan detail. Bagi yang suka lagu-lagu akustik, mungkin akan sedikit kurang puas karena beberapa instrument dan vocal tidak terdengar dengan optimal. Tapi buat saya sih nggak begitu mengecewakan, kok. Suara instrument seperti petikan gitar, saxophone dan violin di beberapa lagu masih bisa terdengar jelas di telinga. Bisa dibilang headset ini lebih cocok buat yang suka lagu-lagu EDM. Dentuman bass-nya itu lho, nggak cuma menggelegar, tapi bikin badan gerak gerak sendiri... 😂😂

Kesimpulannya, untuk ukuran headset dengan harga nggak lebih dari 60ribu, headset ini benar-benar melampaui ekspektasi saya. Overall memuaskan dan nggak nyesel beli sama sekali. Recommended! Awalnya niat beli cuma untuk headset cadangan aja, eh makin kesini malah dipake tiap hari.. hehehe. Jadi buat teman-teman yang sedang mencari headset murah tapi nggak murahan, nggak ada salahnya untuk nyoba VIVAN Q5. Yang udah nyoba, share pengalamannya di kolom komentar, ya.. Sampai ketemu lagi di post selanjutnya.

12 comments

  1. beliny online atau offline kok di kota sy blm ada di konter2 biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya beli di konter biasa gan. disini sih sudah banyak konter2 aksesoris gadget yang jual. kalau boleh tau agan di kota mana?

      Delete
  2. Udah beli, beneran bagus gan tp sayang warnanya cm hitam aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan bener, apalagi kalau ada yg warna putih.. tapi hitam juga udah lumayan kece kok :)

      Delete
  3. Ada rekomendasi seller onlijo shop ya nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari di lazada, tokopedia, atau bukalapak. kayaknya banyak yang jual online gan.

      Delete
  4. Replies
    1. makasih banyak gan, minta kritik dan sarannya gan.

      Delete
  5. pengalaman gue ini hedset bass nya sedikit over. tapi oke lah kalo buat hedset 50ribuan mah.

    ReplyDelete
  6. skrg harganya dah naik jadi 70-80ribuan di offline store

    ReplyDelete
  7. Sampai saat ini headsetnya masih awet ga kak?

    ReplyDelete
  8. Masih kok. Masih saya pakai sehari2 dan blm ada gejala2 mau rusak. Hehe

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon