Mengenal Affiliate Marketing: Pentingkah Program Ini Bagi Kita? (Bagian 1)

Kali ini saya ingin membahas tentang Affiliate Marketing. Sudah nggak asing lagi, kan? Pasti lah. Blogger sejati pasti sudah familiar dengan program yang satu ini.

Program Affiliate Marketing memang sudah tidak asing lagi khususnya para blogger. Alasannya? Karena kebanyakan syarat-syarat yang diajukan tergolong cukup mudah. Yang kita butuhkan cuma registrasi akun di merchant, mendapatkan ID afiliasi, pasang banner iklan di blog. Sudah. Simpel banget, kan?

Postingan tentang affiliate marketing ini berawal dari keisengan saya ketika mencoba mencari topik apa yang lagi trending di Google. Ternyata banyak sekali lho yang mencari topik tentang bisnis online di internet. Mungkin hal ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat, khususnya internet, sehingga banyak orang yang ingin memanfaatkannya menjadi ladang bisnis. Salah satu topik bisnis online yang banyak dicari ya program affiliate marketing ini. Untuk itu, di postingan ini saya ingin sharing tentang apa sih yang dimaksud affiliate marketing dan konsep dari program tersebut.

Pengertian Affiliate Marketing


Affilate Marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa sebuah merchant/perusahaan yang dipasarkan melalui internet.


Teman-teman pasti mengenal istilah dropship, kan? Nah, konsep affiliate marketing itu mirip-mirip dengan dropship. Di bisnis dropship, kita sebagai dropshiper hanya perlu memajang foto/gambar produk milik supplier di toko online/blog/web kita tanpa harus stok barang dan melakukan proses pengiriman, karena ketika ada pembeli yang memesan, kita hanya perlu meneruskannya ke supplier.

Kalau affiliate marketing, yang kita butuhkan cuma ID afiliasi, yang mana ID tersebut biasanya sudah dikemas dalam bentuk link URL. Nah, selanjutnya kita  pasang foto/banner produk merchant yang sudah dikaitkan dengan link URL tersebut di toko online/blog/web kita. Nanti link URL ini yang akan membawa calon pembeli menuju website merchant/perusahaan pemilik produk. Seperti itu konsepnya.

Lalu, bagaimana kita mendapatkan komisi dari program affiliate marketing? Komisi kita dapatkan apabila ada orang yang meng-klik banner iklan produk tersebut di blog/web kita, kemudian berhasil melakukan transaksi pembelian. Ingat ya, harus melakukan transaksi pembelian. Kalau cuma sekedar klik dan liat-liat mah nggak dapat imbalan apa-apa. 

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali merchant yang menawarkan program afiliasi. Beberapa contohnya yang saya tahu adalah situs-situs belanja seperti Lazada, Blibli, Bukalapak, Tokopedia, JD.id, Qlapa dan lain-lain. Kalau situs penyedia layanan hosting ada Niagahoster, DewaWeb, Domainesia dan Idwebhost. Sebenarnya masih banyak yang lain, sih. Tapi saat ini cuma itu yang saya ingat. 
Menurut saya bisnis affiliate marketing ini cocok sekali untuk mereka yang sering berkecimpung di dunia online, seperti blogger misalnya. Selain bisa mendatangkan penghasilan pasif dan mudah dikerjakan, syarat yang diajukan juga cukup mudah, tidak ribet. Jika sudah menemukan situs penyedia program afiliasi yang cocok, pertama hal yang perlu kita perhatikan adalah mengecek apakah di dalam situs tersebut sudah tersedia produk yang sesuai dengan minat. Kenapa? Karena jika sesuai minat, saya yakin menjalankan bisnis ini pasti akan terasa mudah dan ringan karena teman-teman paham betul mengenai produk yang dijual tersebut.

Lalu, adakah tips memilih merchant atau program affiliate marketing yang cocok dengan niche blog? Bagaimana cara menerapkan teknik soft-seling agar orang mau membeli produk melalui affiliate link kita? Tunggu di post bagian kedua, ya 😊

1 komentar

  1. aku kok agak nggak tertarik ya sama program affiliate begini, haha.. memang belum pernah coba sih, hihi.. Tapi seru sih kayaknya ya, tinggal share-share aja.

    ReplyDelete