13 November 2019

Jam Tangan Pintar FOSSIL GEN 5 - Smartwatch Serba Bisa yang Akan Memaksimalkan Produktivitasmu



Salah satu hobi saya adalah olahraga lari. Hobi ini sudah saya tekuni sejak tahun 2013 lalu. Selain membuat badan jadi lebih sehat, ada sensasi puas tersendiri ketika sedang berlari. Apalagi kalau berhasil menempuh jarak yang ditargetkan. Wah, itu rasanya senang dan bangga banget.. Entah kenapa bagi saya lari itu "menenangkan". Setiap ada masalah atau misal ada sesuatu yang memberatkan pikiran, saya pasti menyempatkan diri untuk lari, entah itu pagi atau sore hari. i don't know, it's like therapy. Running as hard as possible helped me separate from everything else that was going on in my life. It gave me a break for a moment. Dan kalau sudah selesai lari, rasanya badan dan pikiran kembali jadi segar dan siap untuk memulai semua aktivitas lagi. 

Oh ya belakangan ini saya sedang nyari informasi tentang smartwatch yang cocok untuk mendukung kegiatan sehari-hari saya, khususnya dalam olahraga lari, kegiatan kuliah dan kerja. Walaupun saya senang lari sambil dengerin musik dan ngukur jarak tempuh larinya dengan running app, sebenarnya saya males kalau lari sambil bawa-bawa HP. Inginnya sih ada gitu smartwatch yang bisa mendukung akitivas harian saya. Syukur-syukur selain bisa berguna dalam aktivitas olahraga, bisa menunjang produktivitas sehari-hari saya juga, tanpa harus bergantung terus dengan smartphone. Kalau ada smartwatch kan nggak harus dikit-dikit pegang HP. Mau lari, buka HP. Mau dengerin musik, buka HP. Mau nyari informasi di internet, buka HP.. Sekedar ngecek jam dan tanggal pun harus buka HP. Rasanya kok hidup jadi ketergantungan dengan HP. Maka dari itu saya berfikir kalau ada smartwatch pasti akan berguna banget untuk menunjang kegiatan harian saya, tanpa harus sering-sering buka HP.

Sayangnya, mencari smartwatch yang cocok itu nggak semudah membalikan telapak tangan. Nggak semua smartwatch punya fitur yang sesuai dengan keinginan saya, khususnya punya fitur untethered GPS, sistem operasinya berbasis android dan bisa memutar musik secara offline, tanpa harus bawa-bawa HP. Untungnya, saat browsing di internet kemarin, saya dapat info kalau ada smartwatch yang spesifikasinya sesuai dengan keinginan saya. Bagusnya lagi, smartwatch ini sudah dibekali Wear OS buatan Google dengan fitur Google Assistant-nya, yang saya yakin akan sangat berguna dalam mengoptimalkan produktivitas harian saya. Apa sih smartwatch itu? Let me introduce you to this new, all-rounder smartwatch: FOSSIL Gen 5😊




Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar merk FOSSIL? Saya yakin pasti semua yang baca kompak jawab jam tangan, iya kan? Yup, merk ini memang terkenal dengan produk jam tangannya yang premium abis. Desainnya yang unik, fresh, tapi tetap terlihat klasik dan timeless adalah salah satu ciri khas dan keunggulan jam tangan FOSSIL. Meskipun merk ini terkenal dengan jam tangan dan produk wearable lainnya, ternyata FOSSIL sudah merambah ke dunia smartwatch juga, lho. FOSSIL mengeluarkan smartwatch pertamanya yang bernama Fossil Q Founder di akhir tahun 2015, dan semenjak itu sudah mengeluarkan beberapa smartwatch penerusnya hingga sekarang.

Nah, Fossil Gen 5 adalah varian smartwatch terbaru dari perusahaan jam tangan asal Texas, Amerika ini. Bisa dibilang ini adalah smartwatch penerus dari Fossil Gen 4 yang sudah dirilis sebelumnya. Tentunya sebagai smartwatch penerus, pasti banyak peningkatan dari versi sebelumnya dong. Dan memang benar, di Fossil Gen 5 ini banyak sekali peningkatan yang signifikan dari generasi sebelumnya. Eh tapi sebelum mengupas tuntas smartwatch ini, kita liat dulu spesifikasi dari Fossil Gen 5, yuk.




Menurut saya, satu hal yang membedakan Fossil Gen 5 dengan smartwatch lainnya, sekaligus menjadi nilai plus tersendiri adalah desainnya. Siapa yang nyangka jam berdesain klasik seperti ini adalah sebuah smartwatch powerful dan all-rounder? Saya pribadi paling suka dengan desain jam seperti ini. Simpel, klasik, tapi timeless dan "cowok banget". Menurut saya justru desain smartwatch yang klasik dan terkesan seperti jam tangan mewah biasa seperti inilah yang bagus. Kenapa? Karena fleksibel, bisa dipake untuk segala acara. Saya kurang suka dengan desain yang terlalu "futuristic", lebih cocok sama desain klasik seperti Fossil Gen 5 ini. Mau dipake buat main, kerja, atau dipake kondangan pun tetap luwes-luwes aja, Ditambah lagi strap-nya yang bisa diganti-ganti membuat Fossil Gen 5 sebagai smartwatch yang versatile, cocok untuk segala situasi dan kondisi. Oh ya versi yang untuk wanita juga ada lho, Khusus desain versi wanita ini dilengkapi dengan aksen batu-batu kristal yang melingkar di layar kaca jamnya. Tampilannya jadi manis, elegan dan cantik.

Selesai bahas desain dari jam tangan pintar FOSSIL ini, sekarang kita bahas soal spesifikasinya. Ketika melihat spesifikasinya, menurut saya semua fitur dasar dari sebuah smartwatch sudah dimiliki lengkap oleh Fossil Gen 5. Fitur seperti notifications, heart rate sensor, GPS, WiFi, buttons yang bisa dikustomisasi, fitur "ring your phone" dan masih buanyak lagi yang lain. Lalu, selain fitur dasar tersebut, kira-kira fitur unggulan apa aja sih yang dimiliki Fossil Gen 5 Smartwatch ini, sampai-sampai saya berani bilang kalau ini adalah smartwatch yang all-rounder atau serba bisa?




Fossil Gen 5 ini dibekali dengan fitur-fitur unggulan yang powerful dan tentunya nggak "kaleng-kaleng". Kalau saya liat FOSSIL memang benar-benar totalitas dalam merambah dunia smartwatch. Meskipun perusahaan ini terkenal dengan produk-produk fashionnya, hal itu nggak lantas membuat mereka asal-asalan dalam membuat dan mengonsep smartwatch-nya. Konsep yang matang terlihat dari fitur-fitur unggulan yang ada di Fossil Gen 5, yang menurut saya sih racun dan bikin tempting banget untuk beli. Saya merangkum fitur-fitur unggulan Fossil Gen 5 dalam empat hal. Apa aja sih?



Wear OS By Google. Pertama adalah Wear OS by Google. Ini nih salah satu daya tarik dan "racun" dari smartwatch ini. Yup, Fossil Gen 5 sudah menggunakan Wear OS by Google. Ada yang belum tahu apa itu Wear OS? Wear OS ini adalah sistem operasi android yang dirancang khusus oleh Google untuk smartwatch dan perangkat wearable lainnya. Yang pake smartphone android pasti udah paham lah ya betapa bagus dan powerful-nya sistem operasi ini. Jadi nggak cuma smartphone aja, smartwatch pun juga nggak ketinggalan dibekali dengan sistem operasi "sejuta umat" ini.

Bagi saya, dengan adanya Wear OS pastinya akan membuat Fossil Gen 5 jadi lebih powerful dan tentunya lebih "smart". Kalau dulu kan smartwatch identik dengan device cadangan yang yah.. sekedar buat reminder kalau ada notif di HP aja gitu. Kalau sekarang persepsi itu udah nggak berlaku lagi dong. Apalagi dengan fitur utamanya yaitu Google Assistant dimana kelebihannya buanyak banget, dan pastinya sangat berguna dalam membantu mengoptimalkan aktivitas sehari-hari. Selain Google Assistant, kita juga bisa menggunakan aplikasi google lainnya seperti Google Fit, Google Pay, Google Play Music atau bahkan mengunduh aplikasi pihak ketiga sendiri di Google Play yang sudah terinstall di dalam Fossil Gen 5.



Google Assistant. Kalau sebelumnya bahas Wear OS, sistem operasi dari Fossil Gen 5, sekarang bahas Google Assistant, fitur utama dari Wear OS itu sendiri. Apa sih Google Assistant itu? Bisa dibilang Google Assistant adalah "virtual assistant" kita. Lho, kok asisten virtual? Iya, karena Google merancang dan membekali fitur ini dengan artificial inteligent (kecerdasan buatan) yang berguna untuk membantu dalam mengoptimalkan kinerja smartphone, smartwatch dan perangkat pintar lainnya. Dengan fitur ini, kita pun bisa melakukan komunikasi secara dua arah karena Fossil Gen 5 sudah dilengkapi dengan built-in speaker. Jadi berasa ngomong sama asisten pribadi sendiri deh. Fitur ini akan sangat berguna sekali karena nggak perlu buka-buka HP terus. Tentunya untuk menggunakan fitur ini di Fossil Gen 5 harus menghubungkan smartwatch-nya ke WiFi dulu, ya.


Battery Life. Ketiga adalah daya tahan baterai yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dalam pemakaian normal, baterai Fossil Gen 5 bisa bertahan selama seharian. Bagi saya sih ini sudah cukup, mengingat banyaknya fitur-fitur canggih yang berjalan secara bersamaan di smartwatch ini. Kalaupun masih dirasa kurang, nggak perlu khawatir. Fossil Gen 5 punya empat pengaturan baterai (Battery Modes) yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Ada daily mode, extended mode, time-only mode dan custom mode. Kalau ingin smartwatch-nya bertahan selama beberapa hari, extended-mode bisa dijadikan pilihan. Dengan mengaktifkan mode ini otomatis hanya fitur-fitur dan aplikasi essential saja yang berjalan di smartwatch. Tapi kalau ingin menggunakan Fossil Gen 5 ini layaknya seperti jam tangan biasa, dimana tidak ingin menggunakan fitur-fitur smartwatch itu sendiri, kita bisa memilih watch-only mode dan baterai Fossil Gen 5 bisa bertahan hingga satu minggu lebih. Wuih, awet banget, kan? Satu lagi yang nggak boleh ketinggalan, magnetic USB charger-nya sudah mendukung rapid charging, lho. Jadi untuk mencapai kapasitas baterai 80%, hanya butun waktu sejam saja!


Customizable Watch Face. Kalau punya smartwatch yang tampilannya itu-itu aja pasti bosen dan monoton banget, iya nggak? Untungnya, Fossil Gen 5 ini sudah dibekali dengan desain tampilan jam (disebut watch face) yang cukup banyak dan kece-kece. Watch face ini bisa kita ganti sesuai keinginan kita, pokoknya dijamin nggak bakal bosen deh. Nggak hanya itu aja, kita juga bisa memasang foto yang ada di akun instagram dan facebook kita di layar Fossil Gen 5 sebagai wallpaper. Keren banget, kan? Jadi buat kamu yang hobi narsis pasang foto diri sendiri sebagai wallpaper, tenang, hobi kalian tetap bisa tersalurkan kalau make Fossil Gen 5 ini hehehe 😄



Swimproof. Siapa di sini yang kalau musim hujan hobi ngeplastikin hape, jam atau gadget-gadget lain biar nggak kena cipratan air hujan? Ayo tunjuk tangan. Tenang aja, saya juga ikutan tunjuk tangan kok. 😄 Dulu itu setiap musim hujan pasti selalu sedia plastik kalau mau pergi kemana-mana, gunanya buat ngantongin barang berharga. Walaupun udah di dalem tas tetep aja diplastikin biar dobel protection-nya hahaha. Eits, tapi itu dulu. Untungnya sekarang sudah banyak banget gadget yang udah waterproof sehingga aman dan nggak rusak kalau terkena air. Fossil Gen 5 smartwatch ini juga udah tahan air atau swimproof, lho. Jjangankan kena air pas wudhu atau kena air hujan, dipake berenang pun aman-aman saja (dengan syarat kedalamannya tidak melebihi 30 meter ya). Jadi nggak perlu khawatir lagi sama ketahanan Fossil Gen 5 ini terhadap air. It will be safe and sound!






Dengan banyaknya fitur-fitur unggulan yang dimiliki Fossil Gen 5, tentunya akan sangat berguna dalam kegiatan sehari-hari dan bisa meningkatkan produktivitas harian kita. Di sini saya akan menjelaskan satu persatu, kira-kira apa sih manfaat menggunakan Fossil Gen 5 Smartwatch dalam kehidupan sehari-hari.


Manfaat pertama dari Fossil Gen 5 menurut saya adalah banyaknya fitur-fitur yang berguna untuk menunjang kegiatan olahraga agar menjadi lebih maksimal. Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, dari dulu saya pengen banget punya smartwatch yang ada fitur untethered GPS nya. Kenapa? Biar kalau lagi lari nggak perlu repot-repot bawa HP. Riweuh aja rasanya, dan menurut saya nggak praktis. Di kantongin, was was takut jatuh. Ditaruh di arm-band, risih dan nggak nyaman. Jadi ketika baca info kalau Fossil Gen 5 sudah mendukung untethered GPS rasanya seneng banget dan jadi tambah rajin buat nabung biar bisa "meminang" smartwatch ini, hehe.

Selain untethered GPS, Fossil Gen 5 juga bisa dipakai untuk menyimpan musik secara offline, jadi bisa lari sambil dengerin lagu kesayangan tanpa harus repot-repot bawa HP. Lagu-lagu tersebut bisa disimpan via aplikasi Google Play Music. Ini juga salah satu fitur yang bikin tempting banget untuk beli. Saya sudah cerita kalau selalu lari sambil mendengarkan musik. Rasanya semangat aja gitu kalau ada hiburan saat lari. Jadi perpaduan antara untethered GPS dengan fitur memutar musik secara offline ini bener-bener idaman banget buat orang-orang yang hobi lari, seperti saya.

Oh ya, Google Fit (aplikasi health-tracking dari Google) juga sudah terinstall di Fossil Gen 5. Nggak hanya berguna saat lari-lari saja, kita juga bisa memantau aktivitas olahraga lainnya seperti jalan kaki, bersepeda, hiking dan lainnya. Lewat aplikasi ini kita bisa tahu berapa jumlah langkah kaki dalam sehari atau berapa kalori yang sudah kita bakar selama beraktivitas. Fossil Gen 5 juga sudah dilengkapi dengan heart-rate sensor yang bisa digunakan untuk mengukur detak jantung penggunanya. Pokoknya untuk fitur yang berhubungan dengan health-tracking saya acungi empat jempol deh buat Fossil Gen 5!




Kalian pernah nggak, lagi belajar atau ngerjain sesuatu, tapi susah fokus karena ada HP di dekat kita, dan keinginan untuk mainan HP itu besaaar banget. Kalau saya? Hmmm.. nggak perlu ditanya, sering bgt 😄 Entah kenapa susah sekali untuk menahan godaan nggak buka HP. Pernah ada keinginan untuk "puasa HP", membatasi penggunaan gadget dalam sehari agar bisa lebih berkonsentrasi dalam beraktivitas. Tapi kalau HP di taruh di tas atau di tempat yang jauh, nanti nggak tau ada pesan atau panggilan yang penting. Serba salah, kan?

Nah, ini nih gunanya Fossil Gen 5. Walaupun HP-nya disimpan di tas atau di tempat lain, kita nggak perlu takut untuk ketinggalan pesan atau panggilan penting karena Fossil Gen 5 akan otomatis bergetar atau mengeluarkan bunyi jika ada notifikasi pesan atau panggilan masuk. Selain praktis, kita juga bisa menekan kebiasaan mainan HP yang berlebihan. Biar bagaimanapun pengunaan smartphone secara berlebihan itu nggak baik.

Lalu, bagaimana Fossil Gen 5 ini mendukung aktivitas belajar atau bekerja kita, sedangkan HP nya aja disimpan? Di sinilah gunanya fitur Google Assitant. Misal, saya sedang belajar bahasa Inggris nih. Tiba-tiba ada kosakata yang nggak saya ketahui. Saya nggak perlu repot-repot buka kamus atau buka aplikasi google translate di HP, karena Google Assistant akan menjawab pertanyaan yang kita ajukan secara langsung dengan akurat. Pun ketika kita ingin tahu profil sosok tokoh terkenal misalnya, nggak perlu repot-repot browsing, tinggal tanya langsung aja ke Google assistant. Canggih banget nggak tuh.




Ini adalah sebuah peningkatan yang dimiliki Fossil Gen 5 dari generasi sebelumnya, Fossil Gen 4. Kalau di Fossil gen 4 hanya dilengkapi dengan microphone saja, Fossil Gen 5 sudah dilengkapi dengan built in speaker yang bisa digunakan untuk menjawab panggilan masuk atau membuat panggilan keluar. Jadi pengguna Fossil Gen 5 bisa mengangkat dan membuat panggilan langsung dari smartwatch, meskipun sedang tidak memegang HP. Menurut saya ini adalah fitur yang bermanfaat banget dalam menunjang produktivitas sehari-hari. Ketika sedang fokus belajar atau mengerjakan sesuatu, kita masih bisa stay connected dengan keluarga, saudara dan teman-teman kita. Fossil Gen 5 juga bisa digunakan untuk membalas pesan langsung, baik dengan menulis secara langsung di layar, atau menggunakan fitur voice to chat yang mengubah suara menjadi text. Praktis, efektif dan efisien!




Manfaat Fossil Gen 5 yang terakhir dalam mendukung produktivitas sehari-hari adalah adanya fitur Tiles dari Wear OS. Bisa dikatakan Tiles ini adalah widget yang ada di smartwatch, yang bisa kita kustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi nggak cuma HP aja yang ada widget-nya, di Fossil Gen 5 ini pun sudah disediakan tiles, yang pastinya berguna untuk mendukung aktivitas sehari-hari kita. Ada tiles weather untuk informasi cuaca, reminder untuk membuat pesan pengingat, kalendar, news headlines, heart rate dan masih banyak  lagi lainnya. Posisi tiles nya juga bisa kita atur sesuai selera lho.




Jadi memang nggak salah kalau saya menyebut smartwatch ini sebagai sebuah smartwatch yang all-rounder. Fitur-fitur unggulannya membuat Fossil Gen 5 nggak kalah dan patut disejajarkan dengan smartwatch-smartwatch dari brand lainnya. 

Tapi ingat, ya. Membeli sebuah barang premium yang bernilai tinggi tentunya butuh ekstra kehati-hatian. Kenapa? Karena kalau sampai salah beli bisa-bisa yang kita dapatkan adalah barang palsu. Nggak mau kan? Untungnya, di Indonesia sudah ada store yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya dalam menjual produk wearable premium, khususnya jam tangan, yaitu Urban Icon. Buat yang belum tahu, Urban Icon adalah kurator multi-brand untuk beberapa brand terbaik di dunia untuk bagian aksesoris, termasuk jam tangan, wearables, tas kulit, aksesoris dan fashion jewelry. Salah satunya ya brand FOSSIL ini. Jadi untuk kalian yang tertarik ingin beli atau ingin lihat secara langsung seperti apa sih wujud Fossil Gen 5 ini, kalian bisa datang ke Urban Icon store terdekat.


Saat ini Urban Icon sudah memiliki 28 offline store yang tersebar di 9 provinsi yang ada di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Bali. Kalau misal lokasinya jauh dari offline store-nya gimana? Tenang... Kalian bisa belanja langsung di website resmi Urban Icon. Website nya cukup informatif, di sana dijelaskan dengan detail mulai dari panduan cara pembelian, cara pembayaran, pengiriman dan lain-lain. Untuk info lebih lanjut terkait Fossil Gen 5 ini kalian juga bisa folow dan pantengin social media Urban Icon di Twitter dan Instagram.

Itulah sedikit ulasan saya tentang manfaat Fossil Gen 5 Smartwatch dalam menunjang aktivitas, sehingga dapat meningkatkan dan mengoptimalkan produktivitas harian kita. Gimana, ada yang tertarik untuk "meminang" smartwatch ini? Apa pendapat kalian tentang Fossil Gen 5 smartwatch? Jangan lupa tulis komentar kalian di bawah, ya.. Terima kasih sudah menyempatkan berkunjung dan membaca tulisan saya. Sampai ketemu di post selanjutnya... 😊

4 comments

  1. Jam tangan yang keren. Cocok banget nih buat saya yang suka olahraga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mas. Olahraga pasti akan tambah asyik kalau ditemani smartwatch ini, desainnya juga keren bgt! 😎

      Delete
  2. Jam tangan pintar impian banget nih. Selain menarik, fitur-fiturnya juga canggih banget ya. Tentunya bisa bikin hidup kita jadi lebih praktis dan produktif nih kalau menggunakan Fossil Gen 5 Smartwatch. Jadu gak terlalu bergantung lagi sama smartphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak.. Sebenarnya males jg ya kalau dikit2 harus buka HP, kok kaya ketergantungan banget ga bs lepas dari smartphone (saya gitu soalnya 😔). Pokoknya Fossil gen 5 ini udah menjawab semua kegelisahan orang2 yg ingin membatasi kontak dgn HP, tp masih tetep bs stay connected, stay informed! 😊👏🏻

      Delete


EmoticonEmoticon