AzHtSQZp1iZslulol6LhbSRfPW3X0CLkhgLjs78N
Bookmark

Belajar Masak Anti Ribet dengan YUMMY APP



Halo, temans! Apa kabar?
Gimana, udah mulai sibuk beraktivitas belum di masa new normal ini? Atau masih setia dengan stay #DirumahAja? Apapun kondisinya, selalu jaga jarak dan jaga kesehatan, ya! 

Ngomongin tentang aktivitas, sejak awal masa pandemi sampai sekarang aku masih setia #DirumahAja nih. Biasanya hari-hari itu diisi dengan rutinitas yang lumayan padat. Pagi kuliah, siang sampai sore ngajar dan sometimes ikut kegiatan di organisasi sampai malam. Berhubung sejak pertengahan Maret kemarin kegiatan kampus diliburkan dan diganti dengan kuliah daring, jadi ya gini deh, lebih banyak waktu luangnya sekarang.

Terlalu banyak waktu luang kaya gini memang berpotensi bikin otak jenuh. Ditambah lagi harus stay di rumah dan nggak bisa kemana-mana. Makannya, untuk menyiasati itu aku banyak mengisi waktu luang dengan mencari hobi dan kegiatan baru. Nah, salah satu hobi baruku di masa pandemi ini adalah belajar masak.

Yup, MASAK!

Mungkin ada yang komentar, "ngapain sih cowok belajar masak?". Eitss, kata siapa cowok nggak boleh belajar masak? Justru sekarang banyak banget chef laki-laki di Indonesia, bahkan resep dan karya-karyanya dikagumi banyak orang. Selain itu, bagi aku pribadi kegiatan masak juga therapeutic banget dan punya manfaat sebagai stress relief. Entah kenapa kalau lagi masak stress-nya langsung hilang. Jadi kalau lagi suntuk ngerjain tugas atau penat mikirin kerjaan, biasanya aku langsung ke dapur, deh. Abis itu stress lagi karena cuciannya seabrek hahaha 😄

Sebenernya kalau sekedar masak yang simpel-simpel sih dari dulu bisa. Cuma semenjak pandemi dan banyak waktu luang rasanya pengen aja belajar masak masakan yang lebih complex. Iseng-iseng nyoba resep baru gitu. Anggap aja lah ini latihan mumpung masih single belum nikah. Nanti kalau udah jadi suami dan istri lagi capek, bisa gantian deh masaknya. Lah, malah ngomongin nikah 😁

Anyway, ini beberapa foto makanan hasil belajar masak aku selama masa pandemi ini. Ada lasagna, mie ayam, tomyum dan sandwich. Semuanya bikin sendiri tentunya. Tampilannya memang kurang appetizing sih, maklum masih pemula. Tapi rasanya dijamin enak, kok! 

Beberapa foto masakanku hasil belajar selama masa pandemi

Oh ya beberapa waktu lalu saudara-saudara yang masih satu kota banyak yang datang dan nginep di rumah. Tiap hari sepupu yang masih kecil minta dibuatin cemilan. Bikin pancake, udah. Bikin es krim, udah. Siomay dan pempek, udah. Nyoba bikin pizza teflon juga udah. Nah, kemarin sempet bingung, mau bikin apa lagi, ya? 

Karena stuck nggak ada ide akhirnya aku ngubek-ngubek resep di aplikasi Yummy App. Dari dulu memang paling seneng nyari resep di aplikasi ini karena selain lengkap, step-step nya juga simpel, to the point dan mudah banget diikuti. Kadang suka males kalau harus nonton resep di youtube yang kepanjangan intro dan terlalu bertele-tele. Rasanya nggak sabar aja gitu. Jadi aplikasi ini cocok banget buat aku yg pemula di dunia masak memasak. Masakan-masakan yang aku foto di atas juga hasil belajar dari apliaksi Yummy App, lho!

Nah, kebetulan stok terigu dan telur di rumah lagi banyak, nih. Setelah searching resep di aplikasi, akhirnya nemu deh resep takoyaki yang simpel. Kebetulan juga di rumah ada sisa mayonaise dan katsuobushi, oleh-oleh temen yang pulang dari Jepang Desember tahun lalu. Jujur ini pertama kali aku bikin takoyaki sendiri di rumah. Alhamdulillah sukses dong! rasanya juga enak. Kalau disuruh nilai, hmmm... bisa lah dapet nilai 8 :D

Ini nih hasil masak takoyaki kemarin yang resepnya nyontek di Yummy App!


Oh ya, ngomong-ngomong adakah dari kalian yang belum tahu Yummy App? Kalau belum, hmmm kemana aja? :( Nggak apa-apa, deh. Lebih baik telat daripada nggak kenal sama sekali, kan? Kalau gitu kenalan dulu yuk sama aplikasi yang udah setia menemani kegiatan belajar masakku selama masa pandemi ini.


YUMMY APP: Aplikasinya Pecinta Masak di Indonesia

Jadi, Yummy app ini adalah aplikasi resep masakan yang dibuat dan dikembangkan oleh media digital Yummy, teman-teman. Apa sih Yummy itu?

Yummy adalah media digital multi platform pertama di Indonesia yang fokus membahas tentang perihal masak-memasak, mulai dari resep, video tutorial, tips-tips hingga forum komunitas untuk pecinta masak di Indonesia. Yummy ini sudah berdiri sejak tahun 2016 dan berada di bawah naungan IDN Media. Aku yakin teman-teman pasti udah nggak asing lagi sama perusahaan media yang satu ini. Selain Yummy, IDN media juga punya unit media digital lain seperti IDN Times, POPMAMA, GGWP.ID, Duniaku.com dan POPBELA.

source: Facebook Yummy Indonesia

Selama 4 tahun ini, Yummy sudah sukses menemani pecinta masak di Indonesia melalui platform social media Facebook "Yummy Indonesia" dan Instagram @yummy.idn. Karena ingin lebih dekat lagi dengan pengikut setianya yang saat ini sudah berjumlah jutaan (WOW!), maka tanggal 8 Juli 2019 Yummy meluncurkan platform aplikasi pertama mereka yang diberi nama Yummy App.

Tahu nggak, sejak peluncurannya yang baru 1 tahun 4 bulan ini, aplikasi Yummy App sudah diunduh lebih dari 1 juta unduhan, lho. Keren banget nggak tuh? Ini membuktikan bahwa aplikasi ini banyak digemari dan dipakai oleh pecinta masak di seluruh Indonesia.

Emang apa sih kelebihan Yummy App ini sampai segitu banyaknya diunduh orang? Hmmm, sini biar aku jelasin fitur-fitur yang ada di Yummy App. I'm sure it will hook you up, trust me! 😉


Apa sih Kelebihan YUMMY APP? 


Tentunya bukan tanpa alasan kenapa Yummy App banyak banget diunduh oleh orang-orang khususnya pecinta masak di Indonesia. Yummy App punya berbagai fitur menarik yang pastinya akan bermanfaat dan memudahkan kita dalam kegiatan memasak, baik yg sudah expert di bidang kuliner, yg sekedar doyan masak, atau yang masih amatiran seperti aku. Yuk kita intip fitur-fitur apa aja yang ada di aplikasi Yummy App ini.



Fitur Masak


Pernah nggak bingung mau masak apa dengan bahan yang ada di kulkas? Padahal di kulkas ada daging, sayuran, susu dan lain-lain, tapi tetep aja nggak ada ide mau masak apa. Nah, Fitur Masak ini akan membantu kita banget. Dengan fitur ini, kita bisa mencari resep masakan sesuai dengan bahan-bahan yang kita punya.

Caranya gimana? Gampang, kok. Misal nih, di kulkas cuma ada mie basah, susu dan keju. Kita masukan aja 3 nama bahan tersebut, nanti secara otomatis aplikasi akan mencarikan resep yang sesuai dengan bahan yang kita punya. Gampang banget, kan?




Fitur Filter Resep


Di fitur Filter Resep ini, kita bisa lho mencari resep berdasarkan lama waktu memasak, jumlah porsi dan budget yang kita punya. Misal, kita hanya punya waktu 30 menit. Dengan filter ini kita bisa mencari resep mana saja yang bisa dibuat hanya dalam waktu 30 menit saja. Cuma punya uang 50ribu dan harus masak untuk 3 orang? Tenang, nggak usah panik. Filter ini juga bisa membantu kita mencari resep masakan sesuai dengan budget dan jumlah porsi yang kita butuhkan. Segampang itu! 😊





FITUR KOMUNITAS

Eits, masih ada 1 lagi nih fitur di Yummy App yang pastinya "menggoda iman" banget. Kita juga bisa lho mendapatkan uang hanya dengan upload resep masakan di Yummy App!

Wiiih.. Beneran? Yup, bener banget! Kita bisa memanfaatkan fitur komunitas yang ada di Yummy App untuk mengupload resep masakan kita. Jika resep telah disetujui dan dipublish oleh tim Yummy App, kita akan mendapatkan Yummy point yang nantinya bisa ditukarkan menjadi uang. Aku yakin ibu-ibu pasti tergiur dengan fitur yang satu ini. Kapan lagi coba upload resep masakan bisa dapat uang?  😁




Nah buat yang belum download Yummy App, buruan gih. Proses membuat akunnya juga simpel banget, kok. Kalian bisa download aplikasi ini di Play Store (Android) dan App Store (iOS), atau bisa juga klik tombol di bawah ini. Jangan lupa masukkan kode "JURNALABE" di kolom kode referral ketika membuat akun ya, nanti kalian akan langsung mendapatkan 50 yummy point atau setara uang 5000 rupiah. Lumayan banget, kan? 



Jangan lupa juga untuk follow semua social media Yummy, ya.

Twitter   |   Instagram   |   Facebook   |   YouTube   |   TikTok

***

Jadi, buat teman-teman yg saat ini punya banyak waktu luang di masa pandemi, nggak ada salahnya kok untuk belajar masak di rumah kaya aku. Sekarang nggak perlu bingung nyari resep dan video tutorial karena semuanya sudah tersedia di aplikasi Yummy App. Praktis banget, kan? Skill bertambah, masak pun jadi semakin menyenangkan. Ingat, #MasakItuGampang kok!

Selamat mencoba, ya. Stay safe, stay healthy and happy cooking! 😊


Sumber:
  • Foto: Yummy App dan dokumentasi pribadi
  • Video: Yummy App
  • Olah grafis: dokumentasi pribadi
3 comments

3 comments

  • Einid Shandy
    Einid Shandy
    17 January 2021 at 20:13
    Aku cewek dan aku nggak bisa masak, padahal ibuku koki. Terus kalau aku sekalinya nyoba masak, katanya masakanku enak. Padahal riwehnya ketika rasanya kurang enak, pasti aku tambahin garam atau air atau gula atau apalah itu biar jadi kaya rasanya. Tapi, ya gitu... Kenapa masakanku nggak pas di awal karena nggak pernah lihat resep, tapi di akhir enak karena masih bisa memperbaiki rasa.

    Tapi, balik lagi...
    Aku cewek, nggak bisa masak macam2. Belum pernah masak macam2 tepatnya. :D Haha...

    Tapi, aplikasi ini menarik dan cocok buat semua orang, khususnya cewek macam aku.
    Reply
  • Panda
    Panda
    17 November 2020 at 20:23
    Be enak bangettt takoyakinya kemareeeen :'(((((((
    • Panda
      Abe (Jurnalabe.com)
      18 November 2020 at 12:38
      Besok maen lagi kumasakin yg banyaaaak 😁
    Reply